Posted by : Ashari Riski July 28, 2011



Warga Negara Asing Akan Menampilkan Kebudayaan Sunda


Sebanyak 59 warga negara asing (WNA) dari 39 negara akan tampil membawakan kebudayaan Sunda dalam acara "Indonesia Channel" yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri. Acara yang telah dilaksanakan sejak tahun 2006 secara rutin ini akan diadakan di The Venue El Dorado, Bandung, pada hari Jumat (29/7) mendatang.

Kegiatan ini merupakan penutupan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) yang dilaksanakan oleh Kemenlu. "Program ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional. Selain itu, program ini juga dapat mempererat hubungan diplomatis antarnegara yang telah diundang untuk mengikuti program ini," kata Devdy Risa dari Kemenlu yang ditemui di tempat latihan para WNA.

BSBI telah berlangsung selama tiga bulan. Selama tiga bulan itu, para WNA dimasukkan ke dalam 4 sanggar yang ada di Indonesia, yaitu Saung Angklung Udjo Bandung, Studio Tydif Surabaya, Sanggar Semarandana Bali, dan P4TK Sleman. "Dalam waktu tiga bulan, mereka diajak untuk melebur dengan masyarakat Indonesia dan juga berlatih seni tari, seni musik, dan seni rupa," papar Devdy.

WNA berasal dari berbagai negara, seperti Fiji, Australia, Jepang, China, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, dan Rusia. Sejak pertama kali dilaksanakan, program ini telah menghasilkan 325 alumni di berbagai belahan dunia. Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negara-negara tersebut, Kemenlu melakukan seleksi berdasarkan keinginan dan hasrat para peserta untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang Indonesia, khususnya di bidang seni dan budaya.

Kemenlu menargetkan 1500 penonton akan hadir dalam Indonesia Channel. "Kami berharap mayoritas pengunjung adalah remaja dan mahasiswa, agar mereka dapat melihat kebudayaan Indonesia dalam kemasan yang berbeda," tambahnya. Program ini akan terus berlangsung tiap tahunnya, dan diharapkan dapat berkembang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumya.



Sumber :http://nationalgeographic.co.id

Leave a Reply

CATATAN : UNTUK BERKOMENTAR TANPA AKUN , GUNAKAN "Beri komentar sebagai" : ANONYMOUS

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

Popular Post

SMS GRATIS


- Copyright © riski ashari -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -