Posted by : Ashari Riski August 3, 2011

ilustrasi
SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan 131 bus untuk mudik gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Sebanyak 131 bus dengan 7.000 kapasitas tempat duduk itu melayani puluhan jalur mudik dari Kota Surabaya seperti ke Malang, Lumajang, Blitar, Kediri, Jember, Banyuwangi, dan Pacitan.
"Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 kemarin di kantor dinas perhubungan dan LLAJ Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Warga yang ikut bisa mendaftar dengan membawa fotokopi KTP dan KSK," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi, Selasa (2/8/2011).
Pemberangkatan mudik gratis dilaksanakan dua kali, yakni pada 27 dan 28 Agustus nanti. Secara simbolis, pemberangkatan akan dilakukan oleh Gubernur Jatim Soekarwo.
Mudik gratis ini, menurut Wahid, adalah program yang digelar sebagai upaya mengurangi volume kendaraan saat Lebaran serta mengurangi angka kecelakaan saat Lebaran, khususnya bagi kendaraan roda dua. "Mudik gratis ini khusus kami sediakan bagi warga yang kurang mampu, seperti buruh pabrik, pedagang kaki lima, dan pelajar," ujarnya.
Selain menyediakan angkutan bus gratis, Pemprov Jatim juga menyediakan angkutan laut gratis dengan jalur Surabaya-Masalembo dan Tanjungwangi-Sapeken. Angkutan laut gratis ini menyediakan 3.000 tempat duduk, sementara pendaftarannya dibuka pada 5 Agustus mendatang.
Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini mencapai lebih dari 5,7 juta orang. Jumlah itu mengalami kenaikan 6,17 persen dari tahun kemarin.

Leave a Reply

CATATAN : UNTUK BERKOMENTAR TANPA AKUN , GUNAKAN "Beri komentar sebagai" : ANONYMOUS

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

Popular Post

SMS GRATIS


- Copyright © riski ashari -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -