Posted by : Ashari Riski August 28, 2011


Mudah dan Murahnya Penerapan Islam dalam Kehidupan Sehari – hari
Nomer Ujian: 21-001-221-4
Nama: Riski Ashari
Kelas / No : IX G / 30   

Assalamuallaikum wr.wb
Yth. Kepala SMP N 1 Pacitan Bapak Supriyono S.pd , M.pd.                
Yang kami hormati Ibu Guru Bahasa Indonesia.
Dan sahabat – sahabat yang saya cintai,
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas segala taufik, rahmat , serta hidayahnya yang dilimpahkan kepada kita semua , sehingga pada kesempatan ini kita dapat bertemu , tidak lupa salawat serta salam kepada junjungan besar kita , nabi Muhammad SAW.
            Hadirin yang terhormat,
Pada kesempatan ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang : “Implementasi islam pada generasi muda” , agar kita bisa mengerti mudah dan murahnya penerapan islam itu. Banyak sekali hal – hal yang dapat kita lakukan untuk menerapaknya , dengan materi ataupun sesuatu yang kita miliki.
Sebenarnya kita sudah mempunyai panduan hidup yang baik dan sempurna , yaitu buku harian yang ajaib , yakni Al-Quran. Kalau kita baca setiap hari , dikaji setiap ada kesempatan dan kita renungkan setiap selesai mengkajinya di tambah pengalaman yang mantab , bukan tak mungkin kita menatap masa depan yang berbinar , hati yang tenang dan pikiran yang jernih , tentunya ini membuat kita tidak was – was lagi. Inilah pentingnya hidup mempunyai panduan dalam menjalaninya.
            Sahabat muslim semuanya,
Kita mungkin pernah mendengar pepatah yang bunyinya  “Banyak jalan menuju Roma” , begitu pula dengan jalan menuju surga . Maksudya , banyak hal yangbisa mengantarkan kita ke surga Asalkan kita dapat mengimplementasi atau menerapakan kaidah – kaidah islam dengan landasan islam dan keikhlasan menjalaninya.
 Ini bukan kampanye soal murah dan murahan , bukan , sebagai gambaran penerapan kaidah islam itu tidak sulit tidak pula mahal, tapi sebaliknya mudah dan murah. Memang untuk mendapatkan fasilitas yang mewah dan wah didunia itu perlu uang untuk meraihnya . kalau ingin naik pesawat yang pelayananya baik , perlu mengeluarkan biaya yang besar , tapi untuk menerapkan kaidah islam ,insyaallah mudah dan murah.
Sahabat muslim ,
 Kenapa mudah dan murah ? hal ini dapat kita lihat kalau kita ke masjid , lalu memberi sedekah dengan memasukan sedikit harta ke kotak amal dengan hati yang ikhlas , insyaallah berpahala , meski harta yang disisihkan jauh lebih murah daripada kita internetan. Betul tidak? Selain bersedekah dengan harta , juga bisa dengan senyuman . memberi senyuman yang ikhlas kepada teman atau saudara kita , insyaallah sudah termasuk ibadah . Selain bersedekah dan sikap enak di pandang mata , penerapan kaidah islam juga bias lewat  baca Al-Quran . Inilah bedanya membaca kamullah dengan bacaan biasa , setiap huruf yang dibaca mempunyai bobot nilai yang besar.
 Beda dengan bacaan komik atau Koran . Memang Koran membuat kita mengetahui informasi yang luas , tapi tidak berpahala.
Sahabat muda ,
Pada intinya beriman tidak perlu membayar dengan harta , karena pada dasarnya Iman tidak bisa dibeli dengan uang. Tetapi keimanan bisa di capai dengan proses berfikir dan niat yang kuat . Ingat , Iman tidak bisa diperjual belikan .
Allah berfirman ;
“ Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik , bahwa bagi mereka di sediakan surga – surga yang mengalir sungai – sungai di dalamnya…….”    (QS;Al-Baqarah (2):25)
 Jadi orang yang beriman dan berbuat baik berbangalah pada diri kalian…………
Tengok kedalam sekarang ini , ternyata banyak sahabat kita yang lebih memilih larut dalam budaya barat , dari pada bermesraan dan cinta dengan budaya islam. Atas nama moderenisasi misalnya , remaja muslim tidak sedikit yang berlomba-lomba tampil ala barat . Pakaian yang asal menempel di badan dan tidak mikir lagi apakah itu menutupi auratnya atau tidak. Padahal telah jelas dalam surah Al-Ahzab (33)59)
“…Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka…’ Subhanallah , untuk itu marilah kita segera berbenah diri ,introspeksi diri dengan landasan ayat-ayat Al-quran.
Pada kesimpulannya adalah Allah telah memberikan kita pedoman hidup , yaitu Al-Quran , dan banyak sekali amalan - amalan yang mudah dan murah untuk dilakukan , tetapi remaja – remaja dewasa ini semakin menjauhi amalan – amalan tersebu , bahkan cenderung terbawa arus dunia barat yang sebetulnya tidak akan cocok dengan budaya islam. Maka dari itu , sebagai generasi muslim , kita wajib menerapkan kehidupan atau budaya islam . Seperti mengaji , bersedekah , menutupi aurat dan masih banyak lagi.
Semoga kita menjadi remaja muslim yang taat beragama , mengerti benar apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Semoga pula kita dapat bertemu di surga nantinya. Amien
Demikian yang dapat saya sampaikan kepada sahabat – sahabat semuanya.terima kasih atas perhatiannya. Apa bila ada salah kata yang terucap saya mohon maaf yang sebesar – besarnya.
Akir kata , wabillahi taufik wall hidayah , wasallamu ‘ alaikum wr .wb

Leave a Reply

CATATAN : UNTUK BERKOMENTAR TANPA AKUN , GUNAKAN "Beri komentar sebagai" : ANONYMOUS

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

Popular Post

SMS GRATIS


- Copyright © riski ashari -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -